Sunday, November 25, 2012

SELAMAT HARI GURU


Menjadi seorang guru tidaklah mudah:

1. Sumpah menjadi pendidik yang adil dan tidak main-main dalam melaksanakan tugas. Terserah dilingkungan formal atau non-formal. Teaching is teaching, and we teach only the truth.

2. Bertanggungjawab masa depan anak didik karena yang ditanamkan kepada mereka adalah alat untuk hidup, bukan singkong. Kalau salah memberi ilmu, maka anak orang yang merasakan akibat buruknya. Makanya jangan main-main ketika mengajar.

3. Harus terus mengembangkan diri terhadap semua perkembangan bidang ajar yang digeluti. Haruslah memiliki pandangan dan pengembangan ilmu yang berada diatas kemampuan siswa. Masa gak malu kalau siswanya lebih pintar dan arif dari gurunya? Untuk yang ini butuh duit for maintenance.

4. Gaji yang masih tergolong dalam rasio papan bawah di negeri ini. Coba hitung saja dan bandingkan dengan gaji pekerja lainnya. Banyak yang beranggapan sekarang ini guru lebih sejahtera karena sebuah kata keramat 'SERTIFIKASI' seolah-olah semua guru sudah kaya dan tiba-tiba banyak sekali orang yang ingin jadi guru. Padahal dulu semua pada alergi kalau disuruh jadi guru. Dilain pihak, masih banyak guru-guru di sekolah swasta yang gajinya masih 300 ribu rupiah. Cek sendiri kalau tidak percaya.

Jadi guru itu mudah:

1. Nikmati saja petualangan menjadi pendidik meskipun susah sekali mendapatkan kepuasan finansial. Tentu saja hal ini akan menghambat anda berkreasi membuat materi yang tentu saja membutuhkan duit untuk mempersiapkannya. Untuk guru Bahasa Inggris misalnya; membuat materi ajar untuk Listening Comprehension tidaklah gampang. Biasanya harus beli kaset atau cari di internet untuk materi yang native dan berkualitas bagus. Belum lagi untuk materi sekelas TOEFL atau TOEIC. Weleh-weleh.

2. Mengajarlah seadanya atau acuhkan siswa anda karena anda harus menjelma menjadi seorang yang memandang bahwa menjadi guru adalah HANYA mencari uang dan siswa adalah sumber duit. Nothing more than that.

Nah, paling tidak enam poin diatas adalah refleksi dari sebahagian guru yang ada di negeri ini.

Anda seorang guru? Yang manakah diri anda?
Anda seorang siswa? Yang mana refleksi guru anda?
Anda pejabat negara atau publik yang punya POWER? Silahkan sejahterakan guru.

Jangan lupa ya...semua ilmu yang ada di dalam diri anda pada dasarnya berasal dari para guru...sayangnya anda tidak bisa membuang ilmu yang sudah terlanjur tertanam di diri anda itu.

Orang Medan bilang: SAMALAH KITA, NGGAK BISA HILANG HUTANG BUDI ITU...


SELAMAT HARI GURU

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home